Selasa, 06 Maret 2012

Buitenzorg Snake Enthusiasts Community



           


                          


BSEC (Buitenzorg Snake Enthusiasts Community) dibentuk pada bulan Juni 2008 di Bogor. Awalnya tujuan pembentukan komunitas ini adalah sebagai wadah bagi para individu yang tertarik kepada reptil khususnya ular, selain itu juga sebagai wadah saling bertukar informasi tentang berbagai jenis reptil mulai dari perawatan hingga penanganannya. Kami mempelajari berbagai hal tentang reptil khususnya ular karena ular merupakan elemen penting dalam ekosistem kita.

VISI :
 Menanamkan rasa cinta dan kepedulian masyarakat terhadap reptil khususnya ular.

MISI : 
Merubah pandangan negatif masyarakat terhadap reptil khususnya ular, Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya peranan ular dalam ekosistem, Memberikan pengetahuan dasar tentang ular terutama ular berbisa serta cara penanganannya.

SOP (Standard Operation Procedure) merupakan standar operasi keamanan yang ditetapkan oleh BSEC bagi para elemen-elemen BSEC yang harus diikuti dan dipatuhi dalam setiap kegiatan BSEC antara lain : Hook dan semacamnya, Kacamata pelindung, dan set P3K.



BSEC memiliki 3 Divisi yaitu:
-DFH/Divisi Field Herping
Divisi ini memiliki kegiatan diantaranya pengamatan Herpetofauna langsung di lokasi yang dinilai memiliki intensitas tinggi pertemuan dengan satwa Herpetofauna. Saat pengamatan diadakan pengambilan sample data yang kemudian akan diolah menjadi berbagai artikel dan file yang berguna untuk kepentingan Edukasi maupun penelitian kedepannya.

-DOE/Divisi of Education
Divisi ini memiliki program kerja berupa kegiatan edukasi bagi masyarakat yang diharapkan dapat merubah pandangan negatif masyarakat terhadap reptil khususnya ular, Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya peranan ular dalam ekosistem, serta memberikan pengetahuan dasar tentang ular terutama ular berbisa serta cara penanganannya. Kegiatan yang telah dilakukan diantaranya Edukasi ke berbagai sekolah mulai dari Playgroup hingga mahasiswa juga beberapa Komunitas lain yang tertarik dengan dunia Herpetofauna.

-DEX/Divisi of EXhibition
Divisi ini memiliki kegiatan dalam bentuk pameran yang digelar di berbagai spot keramaian masyarakat seperti Carfreeday maupun berbagai Event yang diadakan komunitas, sekolah, Universitas maupun berbagai event lainnya yang memungkinkan kami untuk memberikan Edukasi beserta menarik minat kepedulian masyarakat terhadap Herpetofauna khususnya ular.


Saat kegiatan dilaksanakan kami menjunjung tinggi SOP/Standar keamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ular berbsa tinggi yang kami bawa sebagai sample pun kami display dalam tempat yang benar-benar aman demi keselamatan.




BSEC:JL. Raya Tegalega no 7 Bogor Email : humas.bsec@gmail.com Ph: 085777157775 / 083819000456



Herpetology 4 life
*BSEC admin*








Tidak ada komentar:

Posting Komentar